Anda Penderita Diabetes? Waspadai Gejala Retinopati Diabetik sejak dini

Diabetes atau kencing manis merupakan gangguan metabolisme dimana tubuh penderitanya tidak bisa secara otomatis mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darahnya. Penyakit Diabetes tanpa perawatan yang terarah dapat menimbulkan komplikasi penyakit yang berakibat fatal, salah satunya adalah gangguan pada retina mata yang disebut RETINOPATI DIABETIK.

Pemeriksaan rutin terhadap kondisi retina mata penderita diabetes sangat diperlukan, mengingat 60% dari seluruh penderita diabetes mengalami kerusakan pembuluh darah pada mata mereka yang dapat berisiko terjadinya KEBUTAAN.

Hal yang perlu dan harus diwaspadai bagi penderita diabetes adalah gejala awal dari retinopati diabetik biasanya tidak menimbulkan keluhan besar, sampai dengan kondisi retina mata sudah dalam tahap membahayakan dan mata kehilangan kemampuan penglihatan.

Sangat disarankan bagi penderita diabetes untuk melakukan konsultasi dan memeriksakan kondisi retina matanya sedini mungkin dengan Dokter Spesialis Mata terutama saat penglihatan mulai buram, gula darah sewaktu lebih dari 200 mg%, ada keluhan hipertensi atau kolesterol. Bagi penderita Diabetes Melitus lebih dari 10 tahun juga sangat disarankan untuk rutin memeriksakan kesehatan mata, agar fungsi mata tetap terpantau dengan baik dan sebagai upaya pencegahan risiko terjadinya kebutaan permanen.

Terapkan gaya hidup sehat sejak dini agar terhindar dari penyakit yang bisa menjadi faktor risiko terjadinya retinopati diabetik, khususnya bagi kalangan usia muda karena dengan perubahan jaman yang diikuti dengan perubahan dan pola gaya hidup menyebabkan penyakit diabetes melitus tidak hanya diderita oleh kalangan lanjut usia namun juga usia muda. Gaya hidup yang dapat diterapkan antara lain dengan makan makanan sehat dan seimbang serta memperbanyak asupan sayur dan buah, menjaga kadar gula darah, kadar kolesterol, dan tekanan darah, biasakan berolahraga secara teratur serta tidak mengkonsumsi rokok dan alkohol. Bagi penderita diabetes langkah yang paling baik adalah dengan mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah untuk mengurangi risiko retinopati diabetik.

Informasi Kesehatan ini dipersembahkan oleh Jakarta Timur Eye Center-Rumah Sakit Harapan Bunda

Promo
Promo MCU Paru Sehat
Promo MCU Paru Sehat RS Sentra Medika Cisalak. Lakukan ... Lebih Detail
Promo Lainnya
Events
Training EKG
Hubungi Kami
Jl. Raya Bogor Km. 22 No.44 Jakarta Timur - 13830
Tel. 021-840 0257 | Fax. 021-8778 1247
IGD. 021-8779 3802
Email cs@rsharapanbunda.com
 
  Lokasi Kami